Jumat, 27 November 2015

Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan

Sekilas OJK-IJK, Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan.
Berdasarkan hasil survei tingkat literasi keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan diketahui bahwa tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih relatif rendah.  Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dilakukan upaya yang berdampak positif pada peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia agar dapat tercapai pertumbuhan kesejahteraan masyarakat.

Program peningkatan literasi keuangan diharapkan mampu menciptakan
masyarakat Indonesia yang well literate mengenai pengelolaan keuangan. Dalam hal ini masyarakat Indonesia diharapkan memiliki pengetahuan yang luas mengenai lembaga keuangan serta produk dan jasa keuangan, memiliki keterampilan untuk menilai manfaat dan risiko produk dan jasa keuangan, serta memiliki keyakinan terhadap lembaga maupun produk dan jasa keuangan.
Salah satu program peningkatan literasi dilakukan dengan menyusun materi  literasi keuangan yang mencakup seluruh sektor jasa keuangan untuk seluruh jenjang pendidikan formal.  Sehubungan dengan program tersebut, Otoritas Jasa Keuangan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta industri jasa keuangan menyusun Buku Pengayaan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tingkat SMP dengan judul “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan”. Dengan penerbitan buku ini diharapkan generasi penerus bangsa dapat memperoleh pendidikan keuangan sejak dini sehingga dapat mendorong  terciptanya masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Pada hari kamis, 26 Nopember 2015 OJK-IJK Cab Tegal mengadakan Sosialisasi OJK-IJK bersama Forum MGMP IPS SMP dan MGMP Ekonomi SMA di SMA Negeri 1 Subah.
Berikut materi dari OJK, silahkan download file dibawah ini :
1. Buku Mengenal OJK untuk SMP, silahkan klik disini
2. Asuransi, silahkan klik disini
3. Dana Pensiun, silahkan klik disini
4. Pasar Modal, silahkan klik disini
5. Pegadaian, silahkan klik disini
6. Pembiayaan, silahkan klik disini
7. Perbankan, silahkan klik disini
8. Perencanaan Keuangan, silahkan klik disini
Demikian semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar